Teori Organisasi Umum
Dosen : Elvia Fardiana
Nama : Claudy Nindy Zulkifli
Kelas/NPM : 2KA09/11113957
MATERI: Karakteristik, contoh produk/industri serta keuntungan dan kekurangan dari masing-masing pasar.
Pasar
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (kepemilikan) jasa dan barang.
Secara historis, pasar berasal di pasar fisik yang sering akan berkembang menjadi - atau dari - komunitas kecil, kota dan kota.
Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna merupakan suatu pasar dimana terdapat kekuatan
dari permintaan dapat penawaran yang dapat secara bebas bergerak. Pasar
persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat
mempengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil
kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan. Permintaan yang
terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan
keinginan produsen. Dalam pasar persaingan sempurna, penjual dan pembeli sama
sekali tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi harga pasar karena sudah
ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan
informasi yang ada di dalam pasar persaingan sempurna.
Ciri-ciri
- Terdapat banyak pembeli dan penjual, artinya masing-masing pihak, baik pembeli maupun penjual tidak dapat mempengaruhi harga pasar.
- Banyaknya barang yang diperdagangkan bersifat homogen, artinya konsumen beranggapan bahwa barang-barang yang diperjualbelikan memiliki kualitas yang sama.
- Informasi pasar lengkap, artinya antara pembeli dan penjual saling mengetahui tentang mutu, harga, tempat, dan waktu barang-barang yang diperdagangkan.
- Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran, artinya pembeli bebas mengambil keputusan untuk membeli atau tidak terhadap barang, begitu juga penjual juga memiliki kebebasan untuk menjual arang dan jasa.
- Bebas dari campur tangan pemerintah, artinya pemerintah tidak turut campur tangan dalam menentukan harga di pasar.
- Timbulnya kekuatan tersendiri di dalam pasar, artinya tidak ada kekuatan luar, baik pemerintah maupun pihak lain yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli.
Kelebihan
- Harga Jual barang dan jasa adalah yang termurah
- Jumlah Output Paling banyak sehingga rasio output per penduduk maksimal (kemakmuran maksimal)
- Masyarakat merasa nyaman dalam mengonsumsi karena tidak perlu membuang waktu untuk memilih barang dan jasa (produk yang homogen)
- Tidak takut ditipu dalam kualitas harga (informasi sempurna)
Kekurangan
- Kelemahan dalam hal asumsi
- Kelemahan dalam pengembangan teknologi
- Konflik efisiensi keadilan
Pasar monopoli adalah suatu bentuk atau jenis pasar yang hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjual atau satu perusahaan yang menguasai seluruh penawarannya. Pada pasar ini tidak ada pihak lain yang dapat menyainginya, sehingga menjadi pure monopoly atau monopoli murni. Perusahaan yang monopoli menghasilkan produk yang tidak diproduksi oleh perusahaan lain, tidak ada pengganti yang mirip. Contoh pasar monopoli adalah perusahaan negara, perusahaan minyak bumi serta gas alam dan lainnya.
Ciri-ciri
- Di dalam pasar monopoli hanya
terdapat satu penjual. Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli
di pasar monopoli, tidak tersedia di tempat lain.
- Jenis barang yang diproduksi
atau dijual tidak ada barang penggantinya, nosubstituties yang mirip.
Barang yang dihasilkan merupakan satu-satunya dan jenis barang tersebut
tidak dapat digantikan oleh barang lainnya.
- Adanya hambatan atau rintangan
atau barriers bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar
monopoli. Hambatan ini merupakan faktor kuat mengapa pasar monopoli
terbentuk. Hambatan dapat berupa legalistas yaitu dibatasi oleh
undang-undang, hambatan teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat
tinggi sehingga barang sulit ditiru, atau hambatan modal yaitu
perlunya modal besar dalam memproduksi barang sejenis.
- Pelaku pasar monopoli dapat
menentukan harga barang sesuai keinginannya. Namun demikian, Penjual ini
tidak mempengaruhi harga dan output dari produk lain yang dijual atau
ditawarkan dalam perekonomian.
- Sifat monopolinya menyebabkan
Perusahaan tidak memerlukan promosi atau iklan dalam memasarkan produknya.
Tidak ada barang alternatif atau penggantinya menyebabkan pembeli terpaksa
membeli hasil produksi dari perusahaan monopoli.
- Mampu mengakumulasi laba super normal dalam jangka panjang
- Menghasilkan output yang besar melalui peningkatan efisiensi
- Mampu meningkatkan investasi ekonomi
- Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui pengaturan harga dua tingkat ( two tier pricing)
- Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen
- Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pekerja
- Memburuknya kondisi makroekonomi nasional
- Membruknya kondisi perekonomian Internasional
PASAR OLIGOPOLI
Oligopoli berasal dari kata olio yang
berarti beberapa, dan kata poli yang berarti penjual. Secara sederhana. Oligopoli adalah pasar yang terdiri
dari beberapa penjual. Dalam ilmu ekonomi, Pasar oligopoli
didefinisikansebagai suatu bentuk pasar yang terdiri dari beberapa produsen
atau penjual yang menguasai penawaran. Biasanya terdiri dari dua sampai 10
penjual. Penguasaan penawaran dalam pasar oligopoli dapat dilakukan secara
independen atau sendiri-sendiri ataupun secara diam-diam bekerja sama.
Ciri keterkaitan yang khas pada pasar oligopoli adalah kebijakan penurunan
harga barang oleh suatu perusahaan cenderung akan diikuti oleh perusahaan
lannnya. Hal ini tidak terjadi ketika perusahaan lainnya menaikkan harga
barannya. Tiap-tiap perusahaan menetapkan kebijakan sendiri-sendiri, dan setiap
kebijakan yang telah dikeluarkan dari suatu perusahaan akan segera direspon
oleh perusahaan lainnya. Setiap Perusahaan yang ada dalam pasar oligopoli
berkeyakinan bahwa kebijakan dari suatu perusahaan akan mempengaruhi penjualan
dan keuntungan perusahaan lainnya.
Contoh pasar oligopoli antara lain pasar bagi perusahaan industri motor,
industri baja, industri rokok, dan industri sabun mandi. Dalam perekonomian
yang sudah maju, pasar oligopoli banyak dijumpai karena didukung oleh teknologi
yang sangat modern. Teknologi modern akan memberikan efisiensi yang sangat
optimum ketika jumlah produksi mencapai jumlah yang sangat besar. Keadaan ini
menimbulkan jumlah perusahaan yang terlibat dalam pasar oligopoli menjadi
sangat sedikit.
Ciri-ciri
- Di dalam pasar monopoli hanya terdapat satu penjual. Barang atau jasa yang dihasilkan hanya dapat dibeli di pasar monopoli, tidak tersedia di tempat lain.an menghasilkan barang standar dan barang dengan jenis/corak beragam. Industri dengan barang yang berstandar merupakan industry yang menghasilkan bahan baku seperti produsen bensin, industry baja, semen, industri kimia, dan industry penghasil bahan bagunan. Selain itu beberapa perusahaan dalam pasar oligopoly menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda-beda seperti pada industry otomotif, industry sabun, industry telephon selular dan industry elektronik lainnya.
- Promosi melalui iklan secara terus-menerus. Perusahaan dalam pasar oligopoly yang menghasilkan barang-barang dengan jenis atau corak yang berbeda harus melakukan promosi untuk mengenalkan produknya pada pembeli. Perusahaan harus mengalokasikan dana cukup besar untuk Biaya promosi atau iklan ini. Tujuan promosi ini adalah untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Untuk perusahaan penghasil barang standar, biaya iklan relative lebih kecil dan pomosi bertujuan untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
- Hanya terdapat sedikit penjual, biasanya antara tiga sampai dengan sepuluh yang menjual produk substitusi. Pasar oligopoli mempunyai kurva permintaan dengan elastisitas silang atau cross elasticity of demand yang relatif tinggi.
- Pada pasar oligopoli terdapat rintangan yang menyebabkan perusahaan lain sulit memasukinya. Hal ini karena perusahaan yang ada dalam pasar hanya sedikit.
- Keputusan harga yang diambil oleh suatu perusahaan harus dipertimbangkan oleh perusahaan yang lain. kekuatan harga tergantung pada cara harga itu ditentukan. Jika harga bukan merupakan kesepakatan, maka kekuatan harga menjadi lemah. Ketika suatu perusahaan menurunkan harga, maka peusahaan lain akan cenderung melakukan penurunan harga pula. Ketika harga dibuat dengan cara kesepakatan antara perusaaan yang ada dalam pasar oligopoli, maka harga cenderung lebih kuat, tidak mudah untuk diturunkan oleh suatu perusahaan.
Kelebiahan
- Hanya sedikit perusahaan dalam Industri membuat saingan juga menjadi sedikit.
- Oligopoli dengan produk difensiasi lebih mudah memprediksi reaksi-reaksi dari perusahaan lawan
- Oligopoli dengan produk yang homogen memiliki rintangan masuk ke dalam pasar yang relatif kecil
Kekurangan
- Efisiensi
hanya dicapai jika perusahaan memproduksi output dalam skala yang sangat
besar
- Pengambilan
keputusan yang sangat kompleks karena terdapat kompetisi non harga
- Membutuhkan
kemampuan manajemen yang sangat baik karena kompleksnya persaingan
- Pada
pasar persaingan sempurna informasi mengenai harga suatu barang dapat
diketahui dengan mudah sehingga menghindari abnormal return.
- Di
dalam pasar persaingan sempurna, produk yang dihasilkan disesuaikan
sehingga tidak melebihi permintaan.
- Tidak
perlu dilakukan manajemen rumit seperti pada kasus oligopoly skarena harga
barang akan sendirinya tercapai oleh keseimbangan antara permintaan dan
penwaran yang terjadi secara alamiah.
- Dalam
jangka panjang bentuk pasar yang bersifat persaingan sempurna menjamin diproduksinya
barang-barang dengan ongkos yang serendah-rendahnya kerena bila diproduksi
dalam ongkos yang besar otomatis produsen akan mengalami kerugian
mengingat banyak saingan di dalam pasar persaingan sempurna.
Pasar Monopolistik
Pasar
monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang
menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya
dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai
berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.
Ciri-ciri
- Terdapat
banyak penjual.
- Barangnya
berbeda corak.
- Para
pelaku pasar mempunyai sedikit kekuasaan.
- Persaingan
promosi penjualan sangat aktif.
Kelebihan
- Daya monopoli yang relatif kecil menyebabkan
kesejahteraan yang hilang relatif kecil.
- Kelebihan kapasitas produksi relatif kecil
- Kenikmatan konsumen yang tinggi karena beragamnya
produk, peningkatan kualias, dan meningkatnya kebebasan konsumen dalam
memilih output
Kekurangan
- Permintaan yang sangat elastic
- Harga jual masih lebih besar daripada biaya
marjinal
- Kapasitas berlebih
- Jika output ditambah melebihi output keseimbangan, maka akan terjadi kerugian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar