Minggu, 19 Januari 2014

Gadget kebutuhan Pokok sang "Kaula Muda" (karya tulis ISD)

Tugas Rangkuman Mata Kuliah Softskill
Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Heri Suprapto
Nama : Claudy Nindy Zulkifli
Kelas/NPM : 1KA06/11113957



                                               Gadget dan Sang "Kaula Muda"
                                   
Pengertian Gadget 

         Gadget merupakan sebuah istilah yang sering kita dengar utamanya bagi para blogger akan tetapi walaupun sering kita dengar terkadang kita belum mengerti Apa itu Gadget? dan Pengertian Gadget sebenarnya apa?. Pada kesempatan ini saya akan mencoba apa itu gadget dan pengertian gadget.
Gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis.
Pembahasan 
       Semakin pesatnya modernitas komunikasi dan informasi membuat banyak orang Indonesia menggunakan gadget sebagai sarana mempebaharuinya. Dengan adanya gadget yang semakin hari memiliki kecanggihan bahkan kegunaan yang berfariasi di tengah melonjaknya gejolak globalisasi sang "Kaula Muda"lah yang paling banyak berperan dalam menggunakan sarana ini. Di dalam gadget banyak pula aplikasi pendukung yang memebuat banyak orang menjadikannya gaya hidup. Fenomena pemanfaatan gadget bagi sebagian orang dewasa ini, bagi sebagian orang cukup mengkhawatirkan, tetapi bagi kalangan anak muda, hal ini cukup wajar, karena zamannya memangnya sudah seperti itu. Bahkan gadget dapat mengakibatkan banyak penyimpangan moral yang dilakukan oleh kaula muda pada saat ini, karena kurangnya pengawasan dari orang tua. Kaula muda yang pada umumnya adalah masa dimana seorang anak memiliki gejolak keingintahuan yang besar akhirnya mencari jati dirinya melalui gadget canggih ditangannya. Contoh penyimpangan yang kerap kali menjadi kekhawatiran para orang tua ialah semakin mudahnya akses video porno atau bahkan kaula muda itu sendiri sebagai pelaku seks yang akhirnya menghilangkan moral bangsa.
Tidak saja moral bangsa yang tercoreng bahkan perkembangan generasi muda akan terancam.

Pencegahan

  •         pengawasan orang tua terhadap gadget yang menjadi gaya hidup kaula muda saat ini.
  •         pembekalan nilai/norma sejak dini.
  •         memilih pergaulan sosial yang positif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar