Selasa, 28 Januari 2014

Pemicu Kemalasan Anak Akibat GAME ONLINE (karya tulis ISD)

Tugas Rangkuman Mata Kuliah Softskill
Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Heri Suprapto
Nama : Claudy Nindy Zulkifli
Kelas/NPM : 1KA06/11113957

Si Pemicu Kemalasan Pada Anak

 GAME ONLINE

 Pengertian "Game Online"
            Semakin berkembangnya modernisasi di Indonesia yang semakin marak khususnya di kalangan pelajar, yaitu Game Online. Sebuah game online adalah permainan video yang dimainkan selama beberapa bentuk jaringan komputer , menggunakan komputer pribadi atau konsol video game . Jaringan ini biasanya internet atau teknologi setara, tetapi game selalu digunakan apa pun teknologi yang saat ini: modem sebelum Internet, dan keras kabel terminal sebelum modem. Perluasan game online telah mencerminkan keseluruhan perluasan jaringan komputer dari jaringan lokal kecil ke internet dan pertumbuhan akses internet itu sendiri. Game online dapat berkisar dari yang sederhana lingkungan berbasis teks grafis game menggabungkan kompleks dan dunia maya dihuni oleh banyak pemain secara bersamaan. Banyak permainan online terkait komunitas online , membuat game online suatu bentuk kegiatan sosial di luar permainan pemain tunggal.

Dampak Negatif
           
  1. Membenarkan kekerasan dan pembunuhan
    Banyak game yang mengajarkan kekerasan dan pembunuhan sampai pemainya pun mempraktekan kekerasan dan pembunuhan itu di dunia nyata. Di Thailand pernah ada seorang remaja yang membunuh sopir taksi setelah bermain game yang bernama GTA. Dia membunuh sopir taksi itu karena terpengaruh game tersebut. Ada juga seorang remaja dari Amerika yang membakar seorang penumpang bis karena terpengaruh game yang sama.
  2. Membenarkan sihir
    Kalau kita bermain game RPG pasti kita akan memainkan seorang penyihir atau para tokoh yang menggunakan sihir. Padahal sihir sangat dilarang dalam islam, dengan bermain game ini alam bawah sadar kita telah membenarkan sihir.
  3. Merusak Mata
    Kalau yang satu ini kita semua pasti sudah paham kalau berlama-lama di depan TV atau komputer maka mata akan cepat rusak. Dan para pemain game sangat betah di depan TV atau komputer apalagi kalau sudah kecanduan.
    Sebagai orang tua seharusnya jangan pernah membelikan game PS atau yang sejenisnya kepada seorang anak karena itu sama saja memberikan ”racun” kepada mereka. Jauhkan anak dan diri kita dari bermain game karena banyak bahayanya. Sibukkan diri kita untuk selalu menuntut ilmu dan beribadah kepada Allah agar kita mendapatkan ridhanya.

        Dari dampak negatif di atas kita dapat menyimpulkan bahwa game online membawa dampak buruk bagi anak-anak. Bahkan sekarang anak (pelajar) sudah belajar mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya dikatakan selayaknya anak seusianya. Tidak hanya kata-kata serta perilaku mereka juga semakin memburuk karena tugas mereka sebagai pelajar makin dikesampingkan karena ketagihan bermain Game online. Maka dari itu kita harus mencegah adik adik kita atau saudara saudara kita untuk bermain game online. Game online boleh dimainkan asal tahu waktu dan tidak sampai ketagihan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar